ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN OMZET PENJUALAN PARANG MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP
Penentuan Strategi Mengguanakan Metode SWOT
Kata Kunci:
Pelaku Usaha Pandai Besi Dusun Talwa, Parang, SWOT, Analitycal Hierarchy Process (AHP)Abstrak
Kelompok usaha pandai besi dusun Talwa merupakan UMKM yang bergerak di bidang usaha pandai besi yang terletak di kecamatan Moyo Hulu Dusun Talwa. Permasalahan yang terjadi adalah fluktuasi penjualan parang yang dihasilkan setiap bulannya tidak stabil karena banyaknya pelaku usaha sejenis. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan pemilik dan responden yang dibutuhkan untuk faktor internal dan eksternal dimana 5 responden internal dan 100 responden eksternal dijadikan sampel dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang dipilih sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan pada kelompok usaha pandai besi di Dusun Talwa. Berdasarkan hasil analisis SWOT IFAS dan EFAS diperoleh nilai 1,885 dan 1,038. Dengan demikian hasilnya termasuk posisi yang menguntungkan atau, perusahaan menghadapi beberapa peluang dan memiliki berbagai kekuatan. Tahap akhir dari penelitian ini adalah pemilihan 3 strategi yang dipilih untuk diterapkan pada kelompok usaha pandai besi Talwa menggunakan AHP, sehingga diperoleh strategi pertama yaitu menjaga kualitas produk, variasi produk dan tampilan produk serta melakukan promosi di media sosial . media dengan bobot 0,643 , strategi kedua memperluas jangkauan promosi produk ke target pasar dengan bobot 0,153, strategi ketiga memberikan komisi kepada agen serta diskon dan penawaran khusus yang menarik kepada konsumen dengan berkualitas baik di pasaran dengan bobot 0,129.