ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE STRICTURAL EQUATION MODELLING

Hubungan Antara Vatiabel

Penulis

  • Siti Nuraisah A. Manaap Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eko Wijaya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Iksan Adiasa Universitas Teknologi Sumbawa
  • Koko Hermanto Universitas Teknologi Sumbawa

Abstrak

UMKM adalah usaha produktif yang dijalankan oleh perorangan atau kelompok sebagai usaha mikro. UD. Riskika adalah UMKM pertama yang beroperasi sampai sekarang dalam pembuatan permen susu yang mana diketuai oleh Ibu Siti Aisyah. Penjualan produk permen susu seringkali mengalami kenaikan atau penurunan setiap tahunnya dikarenakan munculnya pesaing yang menawarkan produk sejenis. Alhasil, penjualan permen susu tersebut menurun tajam akibat lesuhnya permintaan. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada 100 responden yang mana sebagai sampel dalam penelitian. Tujuannya yaitu menganalisis apakah terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen menggunakan metode SEM dengan bantuan software SMARTPLS Versi 4 dalam melakukan pengolahan dan analisis data. Berdasarkan hasil SEM dengan melihat nilai T statistik  untuk semua variabel maka hanya variabel X1 yang memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai sebesar 72.613.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Siti Nuraisah A. Manaap, Eko Wijaya, Iksan Adiasa, & Koko Hermanto. (2023). ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE STRICTURAL EQUATION MODELLING : Hubungan Antara Vatiabel. Student Conference, 1(2), 9–19. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/409
Loading...