PENGARUH PEMBELAJARAN KEUANGAN DIPERGURUAN TINGGI, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Authors

  • Nana Universitas Teknologi Sumbawa
  • Serli Oktapiani Universitas Teknologi Sumbawa

Abstract

Pengaruh pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, sikap keuangan, dan teman sebaya  terhadap literasi keuangan mahasiswa studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis  Universitas teknologi Sumbawa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, sikap keuangan dan teman sebaya terhadap literasi keuangan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS digunakan untuk menganalisis data penelitian yang dikumpulkan dari tanggapan responden terhadap kuesioner. Berdasarkan hasil analisis temuan penelitian ini, (1) pembelajaran keuangan di perguruan tinggi secara signifikan berpengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. (2) Variabel sikap keuangan secara signifikan berpengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. (3) Literasi keuangan siswa secara signifikan dipengaruhi oleh variabel teman sebaya.

Published

2023-08-07

How to Cite

Nana, & Oktapiani, S. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN KEUANGAN DIPERGURUAN TINGGI, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA. Proceeding Of Student Conference, 1(4), 429–437. Retrieved from http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/555
Loading...