PERAN KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh kepercayaan kemudahan dan pembelian tidak terencana terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Non probability Sampling dengan metode purposive sampling. non probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel dengan tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Metode purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu artinya penentuan sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan atau karakteristik tertentu sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dari masyarakat Kabupaten Sumbawa, dilakukan analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater. Selain itu, kemudahan juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater. Sementara itu, pembelian tidak terencana juga ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater.
Kata Kunci : Kepercayaan;Kemudahan;Pembelian Tidak Terencana.