PENGARUH FINTECH PAYMENT, INKLUSI KEUANGAN, DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fintech Payment, Inklusi Keuangan, dan Life Style terhadap perilaku konsumtif berbelanja online (studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa). Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa berdasarkan rumus paul leedy dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling jenis purposive sampling. Pengolahan data primer menggunakan statistical package for social science (SPSS) dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini diperoleh (1) Fintech Payment berpengaruh positif dan signifikan maka H1 diterima, melalui hasil perhitungan diperoleh dimana t hitung 2,194 > t tabel 1,984 dan meiliki sig. sebesar 0,028 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin menimbulkan perilaku konsumtif terhadarp berbelanja online, jadi dapat disumpulkan bahwa variabel Fintech Payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif , (2) Inklusi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan maka H2 diterima melalui hasil perhitungan diperoleh dimana t hitung 2,586 > t tabel 1,984 dan nilai sig. 0,011 < 0,05 dan dapat dikatakan bahwa denga tingkat pemahaman Inklusi Keuangan yang cukup baik, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Inklusi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, (3) Life Style berpengaruh positif dan signifikan maka H3 diterima, melalui hasil perhitungan diperoleh dimana memiliki t hitung 10,764 > dari t tabel 1,984 dan memiliki sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa Life Style berpenuh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumtif.
Kata kunci : Fintech Payment, Inklusi Keuangan, dan Life Style