ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN MENGGUNAKAN KONSEP 4P (PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI) PADA PRODUK MIESO (MIE INSTAN SEHAT JAGUNG)
Keywords:
Bauran_pemasaran; Mieso; Strategi.Abstract
ABSTRAK
Mieso merupakan mie instan sehat berbahan dasar jagung yang diciptakan untuk penggemar mie instan, namun memiliki kekhawatiran terhadap kesehatannya. Penelitian ini bertujuan memberikan strategi alternatif melalui analisis bauran pemasaran 4P pada produk Mieso. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan data primer dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh menyangkut produk, harga, lokasi, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Mieso terbuat dari bahan dasar buah jagung yang mengandung protein serta tidak menggunakan pengawet atau pewarna buatan dalam komposisinya. Dalam penetapan harga berpedoman pada perhitungan bahan baku, alat, kemasan dan distribusi yang dilakukan. Lokasi rumah produksi Mieso terbilang strategis karena berada pusat kota, serta kegiatan distribusi yang dilakukan yaitu dengan menitipkan pada toko retail tradisional, kantin Taman kanak-kanak dan kantin kampus Universitas Teknologi Sumbawa. Mieso dipasarkan melalui akun media sosial Instagram miliknya dan untuk saat ini masih hanya menyediakan promosi gratis ongkir dalam pengiriman produk, sehingga dalam proses pemasarannya harus lebih ditingkatkan dengan melakukan kerja sama terhadap jasa pengantaran dan toko penjualan daring serta selebriti instagram agar Mieso mampu dikenali oleh masyarakat luas.
Kata kunci : Bauran_pemasaran; Mieso; Strategi.
ABSTRACT
Mieso is a healthy instant noodle made from corn which was created for instant noodle fans, but who have concerns about their health. This research aims to provide an alternative strategy through analysis of the 4P marketing mix for Mieso products. The type of research used is qualitative descriptive research. By using primary data from observations, interviews and documentation. The data obtained concerns products, prices, locations and promotions. The research results show that Mieso products are made from corn which contains protein and do not use preservatives or artificial coloring in their composition. In setting prices, we are guided by calculations of raw materials, equipment, packaging and distribution. The location of Mieso's production house is considered strategic because it is in the city center, and distribution activities carried out include traditional retail stores, kindergarten canteens and the Sumbawa University of Technology campus canteen. Mieso is marketed through its Instagram social media account and currently only provides free shipping promotions for product delivery, so the marketing process must be further improved by collaborating with delivery services and online sales shops as well as Instagram celebrities so that Mieso can be recognized by the wider community.
Keywords: Marketing mix;Mieso; Strategy.