INTERAKSI SIMBOLIK SUPORTER SEPAK BOLA THE JAKMANIA PETUKANGAN DALAM MEMAKNAI KEHADIRANNYA DITENGAH MASYARAKAT

Authors

  • Fathan Nur Adli Universitas Teknologi Sumbawa
  • M. Syukron Anshori Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Interaksi Simbolik; Suporter Sepakbola; Simbol.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana interaksi simbolik Suporter sepak Bola The
Jakmania Petukangan dalam Memaknai Kehadirannya Ditengah Masyarakat”. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu
wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori
interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kelompok supporter The Jakmania memaknai kehadirannya ditengah masyarakat,
suporter sepak bola The Jakmania melalui interaksi yang dilakukan para anggota kelompok tersebut.
Interaksi yang dilakukan para anggota kelompok suporter sepak bola The Jakmania yaitu melalui
unsur-unsur yang terdapat pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan anggota kelompok tersebut.
Unsur-unsur tersebut meliputi tindakan, gerakan isyarat, kostum, The Jakmania.. Selain itu, terdapat
pergeseran pandangan masyarakat Petukangan mengenai suporter sepak bola yang sebelumnya
dipandang sering melakukan tindakan anarkis, kini menjadi kelompok yang kehadirannya memberikan
manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini sebagai langkah awal agar nilai-nilai yang
terkandung dalam aktivitas kelompok suporter sepak bola The Jakmania di Petukangan tersebut dapat
dimaknai dan diterima oleh masyarakat Petukangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Fathan Nur Adli, & M. Syukron Anshori. (2023). INTERAKSI SIMBOLIK SUPORTER SEPAK BOLA THE JAKMANIA PETUKANGAN DALAM MEMAKNAI KEHADIRANNYA DITENGAH MASYARAKAT. Proceeding Of Student Conference, 1(001), 01–13. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/183

Issue

Section

Artikel
Loading...