PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN SUMBAWA

Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Serli Oktapiani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhamad Ega Sujamiat Ega Sujamiat Universitas Teknologi Sumbawa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha pada pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu para pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa. Metode pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin sehingga diperoleh dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian pada Uji T menyatakan bahwa variabel karakteristik wirauaha berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, variabel modal usaha tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, variabel strategi pemasaran tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa.

Kata Kunci : karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, dan perkembangan usaha.

Published

2024-01-23

How to Cite

Serli Oktapiani, & Ega Sujamiat, M. E. S. (2024). PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN SUMBAWA: Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa. Proceeding Of Student Conference, 2(5), 270–278. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1219
Loading...