PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Authors

  • Serli Oktapiani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Lily Mardianti Universitas teknologi sumbawa

Keywords:

financial literacy, lifestyle, saving decisions

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) literasi keuangan terhadap keputusan menabung, (2) pengaruh gaya hidup terhadap keputusan menabung. Adapun metode yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Penelitian menggunakan rumus paul leedy sehingga sampel diperluas menjadi 100 orang, Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variable literasi keuangan (x1) diperoleh nilai  t hitung sebesar  2,059 > t table 1,656 dengan nilai sigifikan 0,042 < 0,05. Sedangkan pada variable gaya hidup (x2) diperoleh nilai t hitung sebesar 2,050 > t table 1,656 dengan nilai signifikan sebesar 0,043 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variable literasi keuangan (x1) dan variable gaya hidup (x2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung (y) pada mahasiswa program studi manajemen.

Kata Kunci : Gaya Hidup; Keputusan Menabung; Literasi Keuangan.

Published

2024-01-23

How to Cite

Serli Oktapiani, & Mardianti, L. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA: PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA. Proceeding Of Student Conference, 2(5), 251–259. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1209
Loading...