PENGARUH EVENT MARKETING, INFLUENCER, DAN NILAI KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VIRTUAL MOBILE LEGENDS

Authors

  • fendy maradita Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

event marketing, influencer, nilai konsumsi, keputusan pembelian.

Abstract

ABSTRAK

 

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi internet semakin maju dan berdampak pada industri hiburan, termasuk teknologi game. Permainan yang tadinya hanya dimainkan secara individu kini dapat terhubung dengan pemain lain dan dimainkan secara online dengan menggunakan teknologi internet. Game online mengacu pada permainan yang dimainkan di ponsel dan komputer yang dapat menghubungkan pemain dari seluruh dunia. Saat ini game online sedang menjadi tren dan banyak yang meminatinya, salah satunya adalah game Mobile Legends. Mobile Legends adalah game online yang sangat populer dari awal perilisannya tahun 2016 – sekarang, sehingga mobile legends memperoleh pendapatan yang besar setiap tahunnya dengan menawarkan produk virtual game yang terus diupdate.

Penelitian ini akan menganalisis lebih lanjut mengenai pengaruh event marketing, influencer, nilai sosial dan nilai emosional terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, penelitian ini menggunkan metode purposive sampling dan menetapkan 100 responden dengan Teknik pengumpulan data yaitu menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Univeristas Teknologi Sumbawa. Dari data yang terkumpul dianalisis dengan metode regresi linear berganda untuk menguji hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Hasil menunjukan bahwa event marketing dan nilai konsumsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk virtual game mobile legends. Sedangkan influencer tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk virtual game mobile legends. Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa lebih tertarik dengan adanya event – event yang ditawarkan mobile legends..

Kata kunci: event marketing, influencer, nilai konsumsi, keputusan pembelian.

Published

2024-01-23

How to Cite

maradita, fendy. (2024). PENGARUH EVENT MARKETING, INFLUENCER, DAN NILAI KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VIRTUAL MOBILE LEGENDS . Proceeding Of Student Conference, 2(5), 327–335. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1057
Loading...