HUBUNGAN INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN PENINGKATAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SMK NEGERI 3 SUMBAWA BESAR

Penulis

  • Hasiah Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Inovasi, Pelayanan Perpustakaan, Minat Baca dan Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan inovasi layanan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca pada peserta didik SMKN 3 Sumbawa Besar dan mengetahui hubungan inovasi layanan perpustakaan terhadap motivasi belajar pada peserta didik SMKN 3 Sumbawa Besar. Untuk mencapai hal tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif karena peneliti mencari hubungan layanan perpustakaan terhadap minat baca dan motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan di SMKN 3 sumbawa Besar dinilai tinggi atau baik dibuktikan dengan data penelitian yang diperoleh dari 30 responden dan hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh sebesar 66,67%. Selain itu, SMKN 3 Sumbawa Besar memiliki tingkat motivasi belajar siswa yang tinggi klaim ini didasarkan pada data penelitian dari 30 responden rata-rata motivasi belajar siswa berada pada tingkat tinggi yaitu sebesar 53,33%. Perpustakaan SMKN 3 Sumbawa Besar memiliki tingkat minat baca siswa yang tinggi didasarkan pada data penelitian dari 30 responden bahwa semakin baik atau bagus pelayanan yang diberikan di perpustakaan, maka semakin tinggi pula minat baca pada siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Hasiah. (2023). HUBUNGAN INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN PENINGKATAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SMK NEGERI 3 SUMBAWA BESAR. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 5(001, January), 287–293. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/363

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...