PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Digital Payment, Belanja Online, Gaya HidupAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan litersi keuangan, digital payment, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif belanja online studi kasus mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan, yaitu data primer didapatkan dari data hasil kuisioner yang disebar kepada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa serta data mahasiswa aktif dari bagian kemahasiswaan. Selain itu, untuk data sekunder didapatkan dari data hasil studi literatur yang dilakukan oleh peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah 361 responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa yang pernah melakukan belanja online dan transaksi dengan digital payment. Alat bantu analisis data menggunakan SPSS 25 yaitu meliputi analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan, sementara digital payment dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Sementara, secara simultan literasi keuangan, digital payment, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Selain itu, kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat berdasarkan nilai Adjusted R Square sebesar 50,3% dan sisanya sebesar 49,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.