PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAIN SASAMBO DI TOKO MUTMAINAH KOTA BIMA
Kata Kunci:
Kualitas Prodak, Lokasi, Keputusan Pembelian, dan Kain SasamboAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan untuk melihat pengaruh harga, kualitas produk
dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk kain SASAMBO di Mutmainah Kota Bima. Populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bima yang merupakan konsumen kain SASAMBOyang
pernah melakukan pembelian pada Mutmainah Kota Bima, karena jumlahnya tidak diketahui pasti, maka
pengambilan ukuran sampel menggunakan pendekatan unknow population sehingga jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebesar 96 responden. Dari hasil penelitian, diperoleh pengaruh secara parsial
diperoleh variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian hal itu dinilai dari
perbandingan nilai t, dimana doperoleh thitung = 2.392 > ttabel = 1.986. Hal yang sama juga terlihat pada
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian thitung = 3.501 > ttabel = 1.986.
Berbeda dengan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal itu dilihat
dari nilai thitung = 1.501 < ttabel = 1.986. Sementara untuk pengaruh simultan, ketiga variabel tersebut terjadi
secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Mutmainah Kota Bima
yaitu terlihat nilai Fhitung = 35.198 < Ftabel = 2.703.