PENGARUH PENERAPAN LAYANAN MARKETING SYARIAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK NTB SYARIAH

Penulis

  • Ahmad Ijtihad Universitas Teknologi Sumbawa
  • Kiki Yulianto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rudi Masniadi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Teistis, Etis, Realistis, Humanistis, Loyalitas Nasabah

Abstrak

Fenomena konversi perbankan di Indonesia cukup menarik perhatian masyarakat luas. Adanya Bank
Syariah Indonesia menjadijan bank syraiah sebagai poros perbankan baru bagi Indonesia. Fenomena ini
juga terjadi kepada perbankan daerah NTB, yakni Bank NTB Syariah pada tahun 2016. Fenomena
konversi ini tentukan akan menentukan inovasi atau peruabahan apa yang akan dilakukan pihak bank
dalam mejaga loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Layanan
Marketing Syariah yaitu terdiri dari Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqiyyah),
dan Humanistis (Al-Insaniyyah) terhadap Loyalitas Nasabah. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah aktif bank NTB Syariah. Sampel survey merupakan metode
pengumpulan data yang digunakan, dengan random sampling sebagai teknik sampling. Pemilihan kriteria
responden dipilih berdasarkan lama waktu menjadi nasabah Bank NTB Syariah, yakni minimal selama 1
tahun. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu nasabah Bank
NTB Syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online kepada 110 responden.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier berganda. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif asosiatif.Berdasarkan hasil uji didapatkan bahwa 1) Teistis tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank NTB Syariah, 2) Etis berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank NTB Syariah. 3) Realistis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank NTB Syariah, Dan 4). Humanistis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank NTB Syariah.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Ijtihad, A., Yulianto, K., & Masniadi, R. (2022). PENGARUH PENERAPAN LAYANAN MARKETING SYARIAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK NTB SYARIAH. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 3(001, January), 21–30. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/178

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...