PENGARUH SOSIAL MEDIA, E-WOM, ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Sosial Media, E-WOM, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Shopee ( Survei Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa ) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan alat analisis yang digunakan adalah aplikasi program Statistical Program for Social Science (SPSS) 21 for Windows. Penelitian menggunakan data primer dan kuantitatif ,dengan populasi Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa yang memiliki aplikasi Shopee. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Paul Leddy dan didapatkan berjumlah 96 dibulatkan menjadi 100 sampel. Metode pengambilan sampel diperoleh melalui teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner berbentuk google form secara online. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel sosial media dan online customer review berpengaruh signifikan sedangkan electronic word of mouth secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.