STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UMKM KABUPATEN SUMBAWA BESAR DENGAN MENGGUNAKAN IMC MODEL DWI SAPTA
Keywords:
Integrated Marketing Communication, Strategi Pemasaran, UMKM, IMC Model Dwi SaptaAbstract
UMKM di Kabupaten Sumbawa Besar telah banyak tumbuh dan berkembang, namun dalam pelaksanaan strategi pemasaran terpadu masih kurang dan mengakibatkan kurangnya literasi yang dibawakan oleh produk/jasa. Guna mengetahui hal tersebut maka dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu dengan suatu pedoman Model IMC Dwi Sapta milik Adji Watono dan Maya Watono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara bersama pemilik dari UMKM bidang jasa dan kuliner dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian menemukan bahwa pelaku UMKM di Sumbawa Besar khususnya di bidang jasa dan kuliner telah melaksanakan kegiatan dalam tahap discovery circle, intent circle, dan strategy circle, berdasarkan teori IMC Dwi Sapta. Namun terdapat beberapa aspek yang masih perlu diperbaiki, seperti pengelompokkan target audience yang lebih mendetail, analisis brand soul yang kuat, dan kebutuhan akan selling idea yang lebih jelas. Saran penelitian ini adalah agar para pelaku UMKM melakukan analisis pasar yang lebih mendalam, para pelaku UMKM dapat melibatkan jasa research agency, dan mengimplementasikan strategi terpadu berdasarkan model IMC Dwi Sapta guna meningkatkan penjualan dan pengenalan produk mereka kepada masyarakat.